top of page

Kesalahan yang sering dilakukan pebisnis pemula



Melakukan kesalahan dalam perjalanan berbisnis itu biasa terjadi dan merupakan hal yang wajar. Karena pada dasarnya dalam menjalankan sebuah bisnis pasti tidak selamanya lancar, ada masanya beberapa kali mengalami kendala. Namun, kamu harus bisa meminimalisir kesalahan tersebut.


Kamu juga harus memastikan masalah yang telah terjadi, tidak akan kembali terulang di masa depan. Untuk itu, bagi kamu yang baru merintis usaha lebih baik menghindari beberapa kesalahan berikut ini:


  • Tidak Memiliki Tujuan Bisnis yang Jelas

Saat kamu ingin memulai sebuah bisnis, selain mempersiapkan budget, pastikan kamu punya tujuan yang jelas dan realistis. Dengan adanya tujuan yang sudah kamu buat dengan matang, maka perjalanan bisnis kamu dapat berjalan dengan teratur.


  • Manajemen Keuangan yang Tidak Baik

Pengelolaan keuangan menjadi salah satu yang paling banyak menjadi kesalahan para pebisnis. Banyak yang berpikir bahwa membuat catatan pengeluaran dan pemasukan tidaklah penting. Padahal dengan kita mencatat segala pengeluaran dan pemasukan dapat membantu kita dalam pengelolaan uang kedepannya dan menjadi evaluasi dalam tiap bulannya.


  • Mudah percaya

Saat membuka bisnis mungkin akan banyak orang disekitarmu yang ingin kerja sama atau bahkan ingin menjadi investor dalam bisnis kamu. Namun, kamu tidak boleh langsung percaya terhadap hal tersebut. Karena hal ini bisa jadi penipuan dalam dunia bisnis. Kamu sebagai pebisnis yang masih merintis harus hati-hati dan jangan mudah percaya dengan rayuan manis dari oknum tersebut.


  • Tidak menerima kritik dan saran

Menerima kritik dan saran adalah satu hal yang penting dalam kesuksesan bisnis kamu. Hal tersebut dapat digunakan untuk membuat bisnis kamu menjadi lebih berkembang lagi. Namun, hal tersebut tidak bisa kamu telan mentah-mentah, kamu juga harus selektif agar saran dan kritik yang kamu pilih bisa bermanfaat bagi bisnis kamu.



Buka Toko Indonesia menjawab kebutuhan Anda untuk Styrofoam dan Amenities Hotel. Kami siap untuk menjadi partner perusahaan Anda. Hubungi kami di:

Whatsapp: 085694919296 dan 082210179232

Email: barubukatoko888@gmail.com


4 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page