top of page

FAKTA MENGEJUTKAN SEGITIGA DI BAWAH BOTOL PLASTIK - BAHAYA!

Kita pasti sudah sering menggunakan botol plastik untuk minum, pewangi pakaian, dan banyak sebagainya. Nah apakah teman – teman pernah memperhatikan logo segitiga yang ada angkanya di bawah botol? Ternyata ada artinya loh logo segitiga dan dari setiap angka di bawah botol itu. Logo tersebut pertama kali dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry tahun 1998 di Amerika Serikat. Yuk, simak penjelasan berikut ini.




Angka 1 (PETE atau PET)

Jika teman – teman melihat di tengah logo segitiga ada angka 1 dan terdapat tulisan PETE (polyethilene terephthalate) maka artinya itu hanya bisa dan boleh digunakan dalam sekali pakai serta jangan dipakai untuk menyimpan air panas atau hangat. Biasanya botol tersebut berwarna bening atau transparan seperti botol air mineral. Kenapa sih hanya bisa sekali pakai? Karena lapisan polimer di botol tersebut bias meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.


Angka 2 (HDPE)

Logo segitiga dengan angka 2 dan terdapat tulisan HDPE (High Density Polyethilene). HDPE ada di botol shampoo, tempat peralatan kosmetik dan perawatan tubuh, serta bahan pembuat mainan. Biasanya berwarna putih susu atau bias diwarnai juga. Bahan ini kuat dan semi fleksibel serta tahan pada suhu minus 17-82 derajat celcius. Baiknya bahan ini hanya digunakan sekali pakai saja karena pelepasan senyawa antimony trioksida terus meningkat dari waktu ke waktu.


Angka 3 (V atau PVC)

Logo segitiga dengan angka 3 dan terdapat tulisan V (Vinyl). Bahan ini aman untuk makanan dan minuman dingin dan tidak baik untuk membungkus makanan panas karena bahan PVC mengandung DEHA (diethylhydroxylamine) yang mudah leleh dan bisa bereaksi dengan makanan yang dikemas. Jika terjadi reaksi tersebut dapat membahayakan ginjal dan hati.


Angka 4 (LDPE)

Logo segitiga dengan angka 4 dan terdapat tulisan LDPE (Low Density Polyethylene). Plastik ini berbahan kuat, tidak transparan tetapi tembus cahaya dan fleksibel. Meskipun bahan ini tidak mudah hancur tetapi dapat didaur ulang dan baik untuk tempat makanan.


Angka 5 (PP)

Logo segitiga dengan angka 5 dan terdapat tulisan PP (Polyprophylene). Plastik ini adalah plastik terbaik yang benar – benar aman untuk menyimpan makanan atau minuman jika digunakan berkali-kali.


Angka 6 (PS)

Logo segitiga dengan angka 6 dan terdapat tulisan PS (Polystyrene) pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh Eduard Simon sebagai apoteker Jerman tahun 1839. Apabila bahan ini dibakar maka akan memancarkan api berwarna kuning jingga dan menjadi jelaga atau butiran arang yang halus dan lunak. Bahan ini sangat berbahaya karena dapat mengganggu kesehatan otak, hormon estrogen, mengganggu pertumbuhan, dan sistem saraf. Biasanya label ini ada pada wadah telur, gelas dan piring sekali pakai, serta pembungkus makanan yang dibawa pulang.


Angka 7 (Other)

Logo segitiga dengan angka 7 dan terdapat tulisan other ini terbuat dari SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), PC (Polycarbonate), dan Nylon. SAN dan ABS memiliki ketahanan yang tinggi terhadap reaksi kimia, suhu, kekuatan, dan kekakuan. Biasanya SAN terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi. Sedangkan ABS biasanya digunakan pada bahan mainan lego dan pipa. Lalu PC biasanya ditemukan pada botol susu bayi dan alat minum anak. Padahal PC lebih tidak aman daripada SAN dan ABS, karena dapat mempengaruhi sistem reproduksi.



BOTOL PET MURAH BISA CUSTOM

Nah sekarang teman – teman sudah tahu kan maknanya dari setiap logo dibawah kemasan.

Untuk teman - teman yang sedang membutuhkan botol dan toples plastik PET, PT Cahaya Qorrindo Sejahtera punya berbagai macam varian, bentuk, dan ukuran dan dijamin kemasan plastik kami aman untuk digunakan sebagai wadah makanan dan minuman. Jadi tunggu apalagi, yuk cek website kami di www.ptcahayaqorrindo.com


 

44 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page