top of page

Cara mengatur keuangan untuk bisnis kamu



Kamu masih bingung untuk mengelola keuangan bisnis kamu?


Salah satu aspek yang penting yang perlu kamu perhatikan dalam mengelola bisnis adalah perihal pengelolaan keuangan. Dengan mengetahui bagaimana mengatur keuangan usaha, pengelolaan keuangan bisnis yang sedang kamu jalani akan lebih terarah. Banyak para pemilik usaha yang kurang peduli dengan pentingnya mengatur finansial dengan bantuan laporan keuangan, terutama dalam menjalankan usaha kecil. Maka dari itu, kamu perlu memahami bagaimana cara mengatur finansial usaha yang tepat.


1. Melakukan Perencanaan Budgeting

Perencanaan anggaran keuangan adalah sebuah permulaan kamu untuk memulai sebuah bisnis. Dengan adanya anggaran keuangan, biaya pengeluaran dari bisnis kamu akan lebih terkendali. Kamu harus menetapkan target dan perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang untuk membantu membatasi pengeluaran dengan target yang sudah ditetapkan.


2. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Keuangan Perusahaan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku usaha adalah tidak membedakan Keuangan Pribadi dan Keuangan Perusahaan. Hal ini dapat membuat arus keuangan bisnis kamu menjadi berantakan. Sebaiknya, kamu membuat rekening khusus usaha secara terpisah. Dengan begitu kamu bisa jadi lebih mudah menganalisis keluar masuknya finansial perusahaan.


3. Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Mencatat pengeluaran serta pemasukan tak kalah pentingnya, karena dengan begini kamu bisa menganalisis keuntungan dan kerugian yang kamu peroleh dari bisnis kamu. Kamu dapat menghitung setiap pemasukan yang kamu peroleh dan menghitung potongan dari setiap kewajiban yang mesti kamu bayarkan.


4. Gunakan Laba Usaha

Agar bisnis kamu dapat berkembang dengan pesat, kamu bisa menggunakan laba usaha untuk memajukan bisnis kamu. Langkah baik dalam hal ini ialah dengan cara menggunakan uang dari keuntungan untuk dikembangkan agar menjadi usaha yang lebih besar. Kamu bisa sisihkan minimal 10% untuk ditambahkan ke modal usaha. Dengan cara ini, bisnis yang Anda rintis dapat terus berkembang.


Buka Toko Indonesia menjawab kebutuhan Anda untuk Styrofoam dan Amenities Hotel. Kami siap untuk menjadi partner perusahaan Anda. Hubungi kami di:

Whatsapp: 085694919296 dan 082210179232

Email: barubukatoko888@gmail.com


5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page