top of page

Kertas HVS A4 di Indonesia

Kertas adalah primadona bagi perusahaan, instansi, bank, impor dan ekspor. Pemakaian kertas bisa berjuta-juta ton setiap tahunnya di seluruh dunia.

Dan yang sering di pakai itu adalah kertas HVS. Apa itu kertas HVS? HVS singkatan dari “Houtvrij schrijfpapier” yang artinya kertas tulis bebas serat kayu.

Nah, kertas #HVS juga ada ukurannya loh, yang dipasaran dan sering digunakan mulai dari ukuran A5, B5, A4, KWARTO (Q4), FOLIO F4, dan A3. Dan berikut ukuran kertas dengan berbagai merk seperti #SIDU #copypaper #paperline :

· A4 : 21 cm x 29,7 cm

· A5 : 14,8 cm x 21 cm

· A6 : 10,5 cm x 12,4 cm

· F4 : 21,6 cm x 33 cm

Dan seterusnya.

Jadi, ukuran mana yang pas buat keperluan kamu ?


URGENT NYA KEGUNAAN KERTAS?

Tentang kenapa alasan begitu urgentnya kegunaan kertas? Ternyata mempergunakan custom size pada saat ingin mencetak baiknya sesuai kebutuhan.

Dan sesuai kebutuhannya tinggal pilih kertas yang anda inginkan untuk fotocopy dan print sesuai kebutuhan misal :

· 70 gsm untuk kebutuhan fotokopi dan sehari-hari

· 80 gsm untuk standart skripsi kampus, makalah, tugas-tugas sekolah, dan dokumen penting.

· 100 gsm untuk kebutuhan presentasi yang lebih mengutamakan detail gambar dan kualitas yang lebih baik.


BAGAIMANA PENDISTRIBUSIAN KERTAS DI INDONESIA?

Perindustrian kertas di Indonesia ini masuk dalam jajaran 10 terbesar di dunia. Pada tahun lalu dan pasar utama ekspor kertas di Indonesia adalah kawasan Asia, seperti China, Korea Selatan, India, Arab Saudi dan Jepang. Di wilayah Asia, Indonesia memasuki keempat produksi kertas terbesar dan harga juga masih bagus di pasaran dunia.

Pada tahun 2017, AS menuding produk kertas dari indonesia dikenai subsidi sehingga harga jualnya lebih rendah .

Produsen kertas di Indonesia diantara April Group dengan PT Riau Andalan Pulp dan Sinar Mas Group yang membawahi beberapa perusahaan seperti PT Twiji Kimia Tbk,.PT. Indah Kiat Plup & Paper, dan OKI Plup and Paper. APP memiliki kapasitas produksi sebesar 12 juta ton pertahun dengan tenaga kerja sebanyak 70.000 orang dan produknya menjangkau 120 negara dan 6 benua.


Harga kertas di Indonesia sangat dijaga oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Diangka yang sama dan hanya sedikit berbeda. Pasar kertas di Indonesia mulai banyak pesaing, dari kertas merek #copypaper #pplite #BMO #duniamas mempunyai harga jauh lebih terjangkau dari #sidu #paperone #paperline.



Untuk itu kami PT Cahaya Qorrindo Sejahtera sebagai #distributor #kertas di #tangerang, menjual macam-macam merek dengan harga yang terjangkau. Untuk tanya lebih lanjut dapat hubungi ke email ptcahayaqorrindo@gmail.com dan wa: 0877 7040 4942 HP: 0878 7455 0021.


terimakasih



200 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page