top of page

Internship itu apa sih? Yuk simak penjelasannya!



Internship atau magang adalah program belajar sekaligus berlatih bekerja dalam jangka yang pendek di suatu perusahaan. Hal ini biasanya ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir. Perusahaan yang menerima karyawan Internship berhak memberi tugas sesuai dengan posisinya dan wajib memberi bimbingan selama program berlangsung. Setelah program Internship selesai, karyawan magang akan mendapat penilaian dari pihak perusahaan, untuk diberikan kepada pihak universitas. Kegiatan ini seringkali dilakukan oleh perusahaan tertentu dan berhubungan dengan bidang atau keahlian yang dimiliki mahasiswa.


Durasi Internship sendiri tergantung dengan kebijakan pihak universitas dan perusahaan. Namun, pada umumnya masa Internship ini berjalan selama minimal 3 bulan hingga 6 bulan, dan bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.


Menurut Pasal 22 Ayat (2) UU Ketenagakerjaan, peserta magang atau Internship berhak mendapatkan uang saku dan/atau uang transportasi, memperoleh jaminan sosial tenaga kerja, dan memperoleh sertifikat apabila lulus di akhir program. Hal itu sudah jelas bahwa para intern berhak memperoleh uang saku atau upah. Meskipun besarannya ditentukan berdasarkan peraturan pihak perusahaannya.


Internship menjadi salah satu pengalaman berharga yang harus dilalui mahasiswa tingkat akhir karena dalam Internship, mahasiswa dapat melatih mental, pengetahuan dan kemampuannya di dalam pelaksanaan internship.


Buka Toko Indonesia menjawab kebutuhan Anda untuk Styrofoam dan Amenities Hotel. Kami siap untuk menjadi partner perusahaan Anda. Hubungi kami di:

Whatsapp: 085694919296 dan 082210179232

Email: barubukatoko888@gmail.com


5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page